Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana
"BANGGA KENCANA" Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana
Gambaran Umum

Berdasarkan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor  65  Tahun  2016 Tentang Susunan Organisasi, Kedudukan, Tugas, Fungsi Dan Tata Kerja Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta bahwa Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Untuk melaksanakan tugas tersebut, Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  3. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan urusan di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  4. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana;
  5. Pengelolaan kesekretariatan meliputi perencanaan umum, kepegawaian, keuangan, evaluasi dan pelaporan; dan
  6. Pelaksanaan pengawasan, pengendalian evaluasi,dan pelaporan di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

 

SEKRETARIAT 
Sekretariat  dipimpin  oleh  seorang  Sekretaris  yang  mempunyai  tugas membantu Kepala Dinas dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, dan mengendalikan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang umum, perlengkapan, kepegawaian, dan keuangan.
Sekretariat memiliki 2 Sub Bagian, yaitu :

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam merumuskan kebijakan, koordinasi, pembinaan, pengawasan, pengendalian, dan pemberian bimbingan di bidang pengelolaan administrasi umum, tatalaksana, kehumasan, perpustakaan, kearsipan, dokumentasi, perlengkapan, pengelolaan barang, dan administrasi kepegawaian.
  2. Sub Bagian Keuangan, Perencanaan, Evaluasi, dan Pelaporan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam merumuskan kebijakan, koordinasi, pembinaan, pengawasan, pengendalian, dan pemberian bimbingan di bidang perencanaan, monitoring, evaluasi, pelaporan dan pengelolaan administrasi keuangan, serta pelaporan pertanggungjawaban.

 

BIDANG KELUARGA BERENCANA DAN PEMBANGUNAN KELUARGA
Bidang Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, mengawasi dan mengendalikan program di bidang keluarga berencana dan pembangunan keluarga.
Bidang Keluarga Berencana Dan Pembangunan Keluarga memiliki 2 Seksi, yaitu :

  1. Seksi Keluarga Berencana dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pemberian bimbingan kegiatan di bidang keluarga berencana.
  2. Seksi Pembangunan Keluarga dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pemberian bimbingan kegiatan di bidang pembangunan keluarga.
     

BIDANG PENGENDALIAN PENDUDUK, DATA, ADVOKASI, DAN KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI
Bidang Pengendalian Penduduk, Data, Advokasi dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam merumuskan kebijakan, mengkoordinasikan, membina, mengawasi dan mengendalikan program bidang pengendalian penduduk, data, advokasi dan komunikasi, informasi, dan edukasi.
Bidang Pengendalian Penduduk, Data, Advokasi dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi memiliki 2 Seksi, yaitu :

  1. Seksi Pengendalian Penduduk dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pemberian bimbingan kegiatan di bidang pengendalian penduduk.
  2. Seksi Data, Advokasi, dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan pemberian bimbingan kegiatan di bidang Data, Advokasi, dan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi.
     
Pencarian
Agenda Kegiatan

Maaf, belum ada agenda kegiatan

Polling
Apakah Program KB Bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat49.43%
Lumayan Bermanfaat2.3%
Cukup Bermanfaat0%
Bermanfaat0%
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait